Wakafa Billahi Syahida Artinya dalam latin dan Dalam Kehidupan Manusia!

Wakafa Billahi Syahida merupakan sebuah penggalan dalam al-quran yang berasal dari surat Al-Fath di ayat 28. Tell co id Penggalan dari surat Al-Fath tersebut juga ternyata memiliki makna yang begitu mendalam dan sangat baik bagi kehidupan umat manusia terutama bagi umat muslim. Mari bahas lebih lanjut untuk mengetahui apa arti dari penggalan tersebut!

Arti dari Wakafa Billahi Syahida yang merupakan Penggalan dalam Surat Al-Fath

Surat Al-Fath pertama kali turun di kota Madinah, dan surat ini menjelaskan tentang kebenaran Nabi Muhammad SAW adalah Manusia spesial yang diutus oleh Allah SWT untuk menjadi petunjuk dan sebagai penyempurna ajaran-ajaran lain yang telah dibawa oleh para nabi sebelumnya. Arti dari Wakafa Billahi Syahida sendiri adalah “Cukup Allah SWT sebagai Saksi”, hal ini mengisyaratkan bahwa Allah SWT telah mengutus Nabi Muhammad SAW. Surat ini juga yang menjadi landasan agar manusia menetapkan hukum yang beriringan dengan perkembangan zaman yang ada, penyesuaian keadaan dan tempat yang berbeda.

Wakafa billahi syahida juga mempunyai sebuah kekuatan untuk membuat umat manusia menjadi lebih bersemangat dalam kehidupannya, dengan menanamkan ucapan ini dalam hati dan menjadikan hal ini sebagai sebuah prinsip, maka manusia akan memiliki ketenangan batin, kekuatan dalam menjalankan kehidupan, dan kekuatan untuk membela kebenaran karena arti dari ayat tersebut adalah cukup allah menjadi saksi, hal itu berarti apa yang dilakukan manusia cukup allah saja yang menjadi saksi dan keberkahan akan datang pada hidup manusia tersebut.

Itulah arti dari Wakafa Billahi Syahida, penggalan ayat tersebut sangatlah cocok digunakan sebagai pedoman dan prinsip dalam kehidupan manusia, karena manusia adalah makhluk yang tidak luput dari kelemahan dan ketidaksempurnaan, akan tetapi manusia juga merupakan makhluk yang memiliki banyak berkah dibandingkan dengan makhluk ciptaan Allah SWT yang lainnya.

 

Selalu ingat bahwa manusia hanya hidup di dunia ini sementara dan pada akhirnya akan pergi ke kehidupan yang selanjutnya yang lebih kekal daripada kehidupan dunia fana ini, tetap selalu beribadah dan menjalankan perintah Allah beserta Sunnah Nabi Muhammad SAW karena amalan yang terdapat didalamnya akan membawakan keberkahan dalam kehidupan umat manusia di dunia ini!